Cheese…… Kenali Jenisnya

keju

Foto: www.yumsugar.com/1541783

Parmesan

Parmesan adalah bahasa universalnya, sedangkan yang bernama Parmigiano Reggiano dan khas diproduksi di Parma, Bologna, dan Matua. Jenis keju keras ini lebih cocok diparut. Dapat ditambahkan ke adonan yang membutuhkan aroma keju yang tajam. Lazim diparut sebagai taburan pasta, pizza, muffin, kaserol, salad, dan sup. Substitusi dengan semua keju Itali jenis “grana”/grainy (grana padano, grana lombardo).

Ricotta

Keju Itali yang terbuat dari susu kambing rendah lemak atau tanpa lemak. Dahulu terbuat dari susu sisa pembuatan keju. Sering digunakan dalam pembuatan Sicilian cassata (cake cokelat-ricotta-buah kering). Rasanya lembut, tidak terlalu asin enak juga untuk isian ravioli, olesan canape, sandwich, adonan gnocchi, dan taburan salad.

Cream Cheese

Terbuat dari susu full cream dan memiliki cita rasa lembut. Termasuk fresh cheese. Teksturnya padat namun melunak jika dibiarkan dalam suhu ruang. Ada pula cream chesse dengan tekstur yang lebih lembut dan cocok dipakai sebagai saus celup/dip. Dijual dalam bentuk balok berbungkus foil (merk Philadelphia) atau untuk yang dip, lebih sering dalam kemasan tube plastik. Biasa dimakan bersama bagel atau untuk cheese cake, filling dan aneka dessert.

Edam

Keju dari Belanda bagian Utara yang dikemas dengan lapisan pelindung lilin merah. Warna pelapis keju yang lebih muda cocok untuk sandwich, pastry, canape, croque monsieurs, dan salad. Sedangkan warna yang lebih tua, dengan lapisan pelindung lilin bewarna hitam, bercita rasa lebih tajam dan harganya lebih mahal. Jenis ini pas utnuk taburan, atau membuatkaastengel dan nastar beraroma lebih tajam. Substitusi dengan gouda, keju serupa namun diproduksi dari Selatan Belanda.

Mascarpone

Kju khas dari Lombardy, Itali. Rasanya yang lembut populer dipakai dalam dessert mereka, yaitu Tiramisu. Mascarpone termasuk jenis fresh chesse. Dalam pembuatannya mula-mula krim ditambahi asam sitrat, lalu disaring menggunakan kain untuk diambil sarinya yang berbentuk gumpalan.

Cheddar

Keju terpopuler di Indonesia ini berasal dari kota Cheddar (Somerset, Inggris). Semi-Hard Cheese ini bercitarasa gurih. Proses pengeringan keju dipercepat  dengan pemotongan dan ditekan (pressed). Dijual pula dalam bentuk lembaran (slice). Cocok untuk souffle, canape, dan hamburger.

Mozarella

Kebanyakan dibuat dari dadih susu kerbau. Pertama diproduksi di Latium dan Campania (Itali). Walau termasuk jenis Fresh Cheese, perbedaannya adalah pada dadih yang panas dan diuleni. Proses ini menghasilkan keju lunak dan ketika dimasak menjadi elastis. Jenis full cream mempunyai elastisitas terbaik. Karena bercitarasa hambar, sering dipadukan dengan parmesan untuk mempertajam aroma dan rasa. Berfungsi sebagai “pengikat” bahan dalam pizza, kaserol, dan lasagna.

Blue Cheese

“Urat-urat” biru muncul berkat adanya campuran spora dalam keju dan pemeraman yang kini banyak dilakukan di gudang/cellar. Jika tidak biasa dengan citarasanya yang tajam, olah menjadi olesan.Keju ini yang baik berstempel  A.O.C pada kemasannya (setifikasi kualitas dari Prancis).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: